DESAIN GRAFIS

16/08/2010 19:13

 

Desain grafis yang memiliki artian perencanaan sebuah gambar bukan hanya sekedar gambar visual yang menarik, akan tetapi sebuah desain haruslah memiliki unsur perencanaan visualisasi yang baik, yang meliputi unsur strategi, taktik, dan kreatif dalam memvisualisasikan sebuah desain grafis. Perencanaan perencanaan yang matang dan terfikir serta subyektif haruslah menjadi pondasi awal dalam sebuah pembuatan desain grafis. Dan dilanjuti dengan penyiasatan strategi dalam pencapaian keberhasilan sebuah pasar. Barulah akan muncul gagsan ide dan kreatifitas yang baik, karena dilatar belakangi 2 faktor sebelumnya yaitu strategi, dan taktik merencana.

Kami hadir untuk menjawab itu semua, ilustrasi diatas merupakan proses kreatif kami dalam melakukan sebuah perencanaan grafis atau desain grafis. Karena kami bukan hanya memberikan sebuah visualisasi. Akan tetapi kami juga memberikan nilai edukasi, filosofi dan estetika dalam setiap hasil karya kami. Karena kami sadar sebuah desain kini memiliki nilai ekonomi yang penting untuk sebuah strategi pemasaran dalam sebuah perusahaan.

Kami akan memberikan sebuah gambaran nyata seperti apa desain grafis dan sampai sejauh mana desain grafis dapat memberikan pengaruh besar dalam sebuah strategi pasar. Contoh kasus, produk air minum dalam kemasan. Banyak produk baru yang ingin melawan kompetitornya yang sudah terkenal, dan mereka cenderung mengikuti kemasan yang sudah terkenal itu, dengan menggunakan jenis huruf dan gambar yang terlihat mirip. Jelas, dimata orang awam pun tahu kalau produk ini adalah produk tiruan. Al hasil orang akan berfikir dua kali untuk membelinya dikarenakan faktor palsu dan kualitas yang harus dipertanyakan. Mari kita berandai andai, seandainya produk peniru tersebut di kemas dengan baik dan disajikan dengan desain serta brand image yang berbeda dengan kompetitornya, memiliki strategi pasar yang baik dan memiliki keinginan untuk menjadikan produk tersebut brand global yang akan bersaing dengan kompetitornya, tidak mungkin ada pertanyaan dan kekhawatiran kepada produk tersebut. Itulah salah satu fungsi desain yang dapat menjadi faktor penentu dalam bisnis anda, selain menjadi media pembeda yang satu dengan yang lain, desain grafis juga dapat menjadikan pondasi awal untuk brand image anda bersaing secara global di kalangan masyarakat luas. Ingat sebuah produk terkenal tanpa di bubuhi brand image tersebut maka produk tersebut menjadi produk yang biasa saja, dan bukan lagi produk yang terkenal, karena brand mereka tidak ada didalam produk tersebut. jadi kita dapat menarik kesimpulan bahwa asset sebuah perusahaan yang paling besar adalah brand image perusahaan itu sendiri.

Kami selalu menerapkan filosofi sebagai berikut: desain grafis sama juga seperti pakaian yang kita kenakan sehari hari. Kalau anda ingin bertemu dengan para pejabat anda harus tampil dengan pakaian layak nya seorang pejabat. Dan kalau anda ingin bertemu dengan teman maka anda harus tampil juga dengan pakaian layaknya seorang teman. Begitu juga desain untuk produk anda, apabila anda ingin mencapai segment pasar High class maka produk anda harus dikemas secara High class, dan kalau produk anda untuk kalangan low- class maka produk anda harus tampil secara low-class juga, sehingga produk anda dapat mencapai target pasar yang sesuai. Dengan cara tersebut produk kita akan memiliki brand image tersendiri dan dapat dikenal dengan masyarakat luas. Dan jangan pernah memberikan penampilan yang kurang baik kepada produk anda, karena produk anda adalah investasi yang akan terus menerus memiliki nilai jual.

Dari paparan diatas setidaknya anda dapat mengerti fungsi sebuah desain grafis. Desain bukanlah hal yang sepele untuk bisnis anda melainkan desain dapat memiliki nilai jual tinggi untuk produk anda. Apabila anda ingin membentuk sebuah brand identity atau apapun yang berkaitan dengan desain grafis anda dapat menghubungi kami, karena kami merupakan tenaga professional dibidangnya. Dan dengan senang hati kami akan melayani anda dengan menggunakan kemampuan kami secara optimal.

Back

Search site

© RYO BJ's 2010 All rights reserved.